Kodin 0507 Bekasi Peduli Lingkungan

08 Agustus 2018 
22

BEKASI - Komando Distrik Militer (Kodim) 0507 Bekasi bakal membongkar puluhan jamban yang berdiri di atas saluran sekunder (SS) Kali Bekasi di Kota Bekasi. Penertiban itu membuktikan personil loreng peduli dengan lingkungan.

  Komandan Kodim 0507, Letnan Kolonel Arm Abdi Wirawan mengatakan, ada sekitar 20 jamban yang berdiri di lima SS sepanjang 16 kilometer. Lima SS itu di antaranya SS Bekasi Utara, SS Bekasi Tengah, SS Pondok Ungu, SS Bekasi Pangkal dan SS Bogor. 

  Dari lima SS itu yang paling banyak berdiri jamban berada di SS Bekasi Utara atau tepatnya di daerah Teluk Pucung. Setelah jamban itu dibongkar, pihaknya akan membangun ulang toilet baru untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) bagi masyarakat setempat.

  "Kita koordinasi dengan kelurahan setempat untuk meminjam fasum (fasilitas umum) sebagai lahan dibangunnya toilet baru," kata Abdi di kantornya Jalan Veteran Nomor 60, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

  Selain membongkar jamban, kata dia, petugas juga membersihkan sampah dan sedimen lumpur yang mengendap di lima SS Kali Bekasi sepanjang 16 kilometer tersebut. Dia menargetkan, rencana itu akan terealisasi pada pekan depan. "Saluran sekunder akan kita bersihkan pada malam hingga dini hari supaya tidak mengganggu aktivitas masyarakat," ujarnya.

  Menurut Abdi, rencana pembersihan kali ini tercetus sejak dia menjabat sebagai Kodim 0507 pada April lalu. Awalnya dia merasa ironi dengan kehidupan masyarakat yang berdekatan dengan kali karena jauh dari kategori layak.

  Tidak hanya itu, kondisi kali di Kota Bekasi juga cukup memprihatinkan sehingga bisa berdampak pada kesehatan masyarakat setempat. "Bagaimana generasi kita mau hidup sehat dan hebat kalau tempat tinggalnya saja kotor," ucapnya.

  Atas dasar itu, Abdi berusaha melobi beberapa instansi di antaranya Pemerintah Kota Bekasi dan PJT II untuk turut membersihkan kali. Namun Pemkot Bekasi tidak bisa merealisasikan keinginan Abdi karena keterbatasan anggaran.

  Untungnya hanya butuh waktu sebulan melobi PJT II, keinginan Abdi bisa terwujud. "Saya bersyukur PJT II mau membantu mengatasi SS Kali Bekasi. Kami juga siap mengerahkan anggota untuk membantu membersihkan kali secara manual," ungkapnya.

(WTlive)


comments