SIAK Kota Bekasi Masih Pakai Versi Lama

29 Juli 2018 
53

BEKASI - Untuk mengakomodir banyaknya aliran kepercayaan di Kota Bekasi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) belum memiliki alat pergantian data aliran kepercayaan. Pasalnya, sistem informasi administrasi kependidukan (SIAK) versi terbaru belum diberikan pihak kementrian dalam negeri (Kemendagri).

"Kita masih memiliki versi 6. Untuk SIAK terbaru belum diberikan pihak Kementerian," kata Sekretaris Disdukcapil Kota Bekasi, Jamus Rasidi beberapa waktu lalu.

Dia mengaku, aplikasi terbaru SIAK ini sebenarnya sangat membantu proses pergantian data aliran kepercayaan di Kota Bekasi. Sebab, mereka tak harus lagi lama mengantri untuk bisa mengganti sistem data. "Mereka cukup datang ke kelurahan baru tanpa datang ke Disdukcapil," ujarnya.

Sebab, bila sistem yang baru sudah diberikan, kata Jamus, kolom kepercayaan pada kartu Tanda Kependudulam (KTP) bisa langsung tertulis di dalamnya. Menurut bila pakai sistem yang lama masih kosong halaman agama. "Kalau sistem baru kan sudah langsunh otomatis terisi," imbuhnya.

Jamus berharap pada Agustus 2018 sudah bisa menerapkan aplikasi SIAK versi 7 atau yang terbaru. Pasalnya, dengan semakin cepatnya waktu penerimaan aplikasi dapat memudahkan pendataan. "Karena kami juga akan mendatang kembali warga penghayat kepercayaan," terangnya.

NCT


comments