KPU Kota Bekasi Batal Tetapkan Pemenang Pilkada

11 Juli 2018 
29

BEKASI - Lantaran ada gugatan yang dilayangkan salah satu pasangan calon Wali Kota Bekasi, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi batal mengumumkan pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Alhasil penetapan pemenang Pilkada menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi pada 23 Juli 2018.

Komisioner KPU Kota Bekasi, divisi Sosialisas dan SDM, Nurul Sumarheni mengatakan, penetapan pemenang Pilkada terpaksa ditunda, lantaran memunggu keputusan MK. Yang seharuanya diumumkan pada tanggal 9 -10 Juli 2018 terpaksa ditunda. "Kita harus menunggu hasil gugatan itu," katanya.

Setidaknya pengumuman pemenang Pilkada kata Nurul menunggu sampak pihak kepaniteraan Mahkamah Konstitusi ke dalam buku register perkara konstitusi (BEPK). "Berdasarkan informasi sementara, proses dari kepaniteraan MK ini akan selesai pada tanggal 23 Juli 2018 mendatang," ujarnya.

Sebab, setelah proses itu selesai, kata Nurul, pihak kepaniteraan MK akan berkirim surat ke KPU Kota Bekasi terkait hasil gugatan. Sehingga pihak KPU sifatnya menunggu keputusan. "Surat yang disampaikan MK itu akan menjadi dasar KPU selaku, penyelenggara Pilkada untuk menetapkan paslon terpilih," jelas Nurul.

Biasanya kata Nurul, proses gugatan yang ditangani MK memakan waktu 14 hari kerja usai meregistrasi perkara. Selanjutnya, pihak KPU bisa menetapkan hasil Pilkada, tiga hari keputusan itu diterima. "Termasuk menerima salinan putusan MK," ucapnya.

NCT


comments