Pelaku Pencurian Dilakukan Bocah Dibawah Umur

09 Juli 2018 
27

BEKASI - Bocah yang masih dibawah umur bernama Deva, (15 tahun) nekad melakukan pencurian rumah kosong bersama tiga rekannya di Kampung Ciketing RT 02 RW 11 Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. Motif tindakan kejahatan ini dilakukan karena ekonomi.

"Mereka sudah sering beraksi. Kita tangkap ketika pelaku melakukan aksi pencurian di lokasi kejadian pada pekan lalu," kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Jarius Saragih, di Polres Bekasi Kota, Senin (9/7/2018).

Jarius menambahkan, kawanan yang merupakan warga Kampung Ciketing, Mustikajaya, Kabupaten Bekasi ini kerap melakukan aksinya dengan modus menjadikan anak dibawah umur sebagai pengintai rumah korbannya. Selain Deva, tiga orang rekannya adalah Mardi, 20, Suherman, 32, dan Firmansyah, 25.

"Jadi, sebelum beraksi  tersangka dibawah umur disuruh masuk dulu ke rumah korbannya. Dia diminta untuk memastikan rumah dalam keadaan kosong, dan setelah aman baru tiga tersangka lainnya masuk guna melancarkan aksinya," katanya.

Biasanya, seluruh barang hasil curiannya, kata Jarius langsung dijual. Dan uangnya, kerap dibagi rata ke seluruh pelaku. "Mereka sudah sering beraksi di Kota Bekasi. Motif para pelaku karena dilatarbelakangi faktor ekonomi," ujarnya.

Adapun dari penangkapan ini petugas berhasil mengamankan barang bukti diantaranya, laptop, perhiasan, kamera, dan handphone. Kini akibat perbuatannya, keempat tersangka  langsung dijebloskan ke penjara dan akan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman penjara maksimal lima tahun.

NCT


comments