Pegawai Kontrak di Kota Bekasi Tak Dapat THR

29 Mei 2018 
64

BEKASI - Miris, ribuan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi tak mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran. Alasannya, tak ada alokasi anggaran yang diputuskan dalam APBD Kota Bekasi tahun 2018.

"Tidak ada pemberian THR bagi TKK yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi," kata Asisten Daerah (Asda) III bidang administrasi pada Pemerintah Kota Bekasi, Dadang Hidayat.

Dadang menambahkan, pegawak TKK tidak termasuk Pegawai Negeri Sipil yang tunjangannya diatur dalam PP Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Tunjangan Hari Raya. Dan aturan itu berlaku setiap menghadap perayaan Idul Fitri. "Jadi berbeda dengan PNS yang sudah ada aturannya," ujarnya.

Sejauh ini kata Dadang, pemberian THR bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sedangkan, bila ada THR untuk TKK, harus disesuaikan dengan APBD. Karena perekrutan TKK merupakan kebijakan daerah.

  "TKK itu kan pegawai lokal, jadi harus disesuaikan dengan APBD. Nah kalau APBD tidak memungkinkan untuk itu, maka tidak kita siapkan," kata Dadang.

Dadang mengungkapkan, urusan THR bagi TKK sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing Kepala Dinas terkait. Apabila ada kebijakan THR untuk TKK, hal tersebut di pastikan tidak sama dengan ASN. "Tinggal melihat kondisi keuangan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Kalau mereka ada dana biasanya dikasih," ucapnya.

  Seperti yang diketahui, jumlah pegawai di lingkung Pemerintahan Kota Bekasi sebanyak 12 ribu orang pegawai. Sebanyak 7 ribu di antaranya merupakan pegawai dengan status TKK.

NCT


comments