Konsep Green Building Sudah ada Sejak Dipimpin Rahmat Effendi

11 Mei 2018 
75

BEKASI - Guna menyeimbangkan pembangunan dengan lingkungan, diam-diam Pemerintah Kota Bekasi ketika dipimpin Rahmat Effendi sudah menerapkan konsep gedung green building. Salah satunya gedung Persada 2 yang terletak di Jalan KH Noer Ali Bekasi.

"Kita baru memiliki satu gedung ramah lingkungan. Kemungkinan konsep ini akan terus digenjot kepada pengembang untuk pembangunan selanjutnya," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Penataan Ruang pada Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, Erwin Guwinda, Jumat (11/5/2018).

Erwin menjelaskan, titik gedung yang ramah lingkungan itu sudah berdiri di Jalan KH Noer Ali. Di lokasi itu, terdapat sensor membaca kedatangan orang untuk menyalakan atau memadamkan listrik secara otomatis.

Sebenarnya, kata Erwin, ada dua model pembangunan gedung berkonsep green building, yakni arsitektur dan tata ruang. Untuk sisi arsitektur, gedung harus memiliki banyak jendela untuk sirkulasi udara. Dan bisa memberi ruang pantulan cahaya matahari.

Sementara sisi tata ruang, kata Erwin, harus memiliki ruang terbuka hijau untuk menjaga air dan udara. "Kalau sudah memenuhi semua unsur ini maka dipastikan gedung berkonsep green building. Dan penghuni akan merasakan kenyamanan," ujarnya.

NCT


comments