Pembangunan Trase Becakayu Sampai Tambun

11 April 2018 
15

BEKASI - Pembangunan rute trase kedua tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) rencananya akan diubah. Warga bisa menggunakan tol layang ini sampai dengan Tambun.

 

Seperti yang diketahui, pembangunan jalan tol layang Becakayu yang direncanakan sepanjang 21 kilometer dibagi menjadi dua trase. Trase pertama sepanjang 11,8 kilometer mulai dari DI Panjaitan, Jakarta Timur-Jakasampurna, Kota Bekasi, sedangkan trase kedua sepanjang 9,2 kilometer mulai dari Jakasampurna, Bekasi Barat-Jalan Raya Ganda Agung, Bekasi Timur. 

 

Kepala Bidang Perencanaan pada Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi, Erwin Guwinda menyampaikan, rencana perubahan rute trase kedua tol layang Becakayu sudah berhembus sejak akhir 2017 kemarin. Adapun, landasan perubahan trase tersebut adalah masalah estetika dan nilai ekonomis pembangunan jalan tol layang Becakayu. 

 

"Trase kedua akan lebih panjang dibandingkan dengan rencana awal, pertimbangannya memang persoalan estetika kota," ungkap Erwin, Rabu (11/2). 

 

Erwin menjelaskan, permohonan perubahan trase atas pembangunan tol layang Becakayu telah diajukan Pemerintah Kota Bekasi sejak 2016 lalu. Pemerintah setempat berharap pembangunan tol Becakayu tidak melintas di tengah pusat kota, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan. 

 

Meski demikian, kata Erwin, pemerintah tetap memberikan solusi agar trase tol layang Becakayu melintas di Jalan Raya Kemakmuran, Bekasi Selatan. Namun, rupanya perubahan trase bukan melalui Jalan Raya Kemakmuran. Perubahan trase jalan tol layang tersebut melalui Jalan M. Hasibuan - Jalan Chairil Anwar - Jalan Raya Kalimalang hingga Grand Wisata, Tambun. 

 

"Di Kota Bekasi, tol layang ini dibangun sekitar 12 kilometer dengan perkiraan ramp off dan ramp on tol ada di sekitar belakang Perumahan Pengairan dan di wilayah Tambun (Grand Wisata)," kata Erwin. 

 

Batalnya rencana membangun tol tersebut di atas Jalan Raya Kemakmuran, kata Erwin, atas pertimbangan ekonomis. Dari hasil pembasan bersama Kementerian Pekerjaan Umum serta pihak terkait nyatanya di rute Jalan Raya Kemakmuran tidak memiliki daya tarik yang bagus. Sehingga, diperkirakan jumla pengguna jalan tol layang Becakayu tidak banyak.

 

"Tarikannya diperkirakan rendah, untuk itu rute Jalan Kemakmuran ditolak, sebagai gantinya trase akan diteruskan mulai dari Jalan KH. Noer Ali melintang di sisi selatan dan utara Kalimalang menuju wilayah Tambun," jelas dia. 

 

 

NCT


comments