Wacana Perluasan Ganjil Genap di Bekasi Kandas

08 April 2018 
87

BEKASI - Rencana perluasan sistem ganjil genap di beberapa pintu tol Bekasi kandas. Sebab, pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memastikan tidak ada lagi program perluasan ganjil genap di wilayah Bekasi.


Padahal, masyarakat Kota Bekasi berharap perluasan pintu tol itu dilakukan juga di beberapa pintu gerbang tol seperti, Gerbang Tol Pondokgede, Gerbang Tol Cikunir I, Gerbang Tol Cikunir III. Namun, seluruh pintu tol itu dinilai kepadatannya masih dibawah rata-rata.

"Tidak ada lagi rencana penerapan ganjil genap di pintu gerbang lain di Bekasi. Karena kepadatan hanya ada di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Gerbang Tol Bekasi Timur," kata Kepala BPTJ pada Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono.

Bambang mengakui, hanya Gerbang Tol Bekasi Barat I, Bekasi Barat II dan Bekasi Timur yang banyak dilintasi kendaraan ke Jakarta sangat padat. Namun, untuk Gerbang Tol, Pondokgede, Cikunir I dan Cikunir III masih rendah. "Jadi kita tidak akan terapkan ganjil genap di tiga gerbang itu," ujarnya.

Bahkan, evaluasi yang dilakukan BPTJ atas penerapan tiga paket Menteri Perhubungan itu kata Bambang sudah sangat efektif. Salah satunya, laju kendaraan yang melintas Jumat (6/4) pukul 06.00 sampai pukul 09.00 rata-rata kecepatannya dari 29 kilometer perjam kini sudah 100 kilometer per jam. "Sudah sangat baik laju kendaraan menuju Jakarta," jelasnya.

Bukan itu saja, kata Bambang, pengalihan kendaraan pribadi ke angkutan massal sudah meningkat 40 persen. Setiap angkutan Trans Jabodetabek kini menjadi pilihan warga untuk bisa sampai ke Jakarta. "Sekarang sudah sampai 40 penumpang di dalam satu bus," ujarnya.

Perlu diketahui saat ini kecepatan kendaraan di ruas tol Jakarta Cikampek 50 sampai 100 kilometer per jam. Volume kendaraan Jakarta sejak pemberlakuan ganjil genap pada 12 Maret 2018 mencapai 8385 kendaraan. Sekarang pada Jumat 6 April 2018 mencapai 5000 kendaraan.

Sejauh ini, penerapan tiga paket Kementerian Perhubungan itu tertuang dalam  melalui Permenhub Nomor 18 tahun 2018. Tiga paket kebijakan ini adalah aturan ganjil-genap pelat kendaraan bagi golongan I di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta.

 

NCT


comments