Pembebasan Lahan TPU Perwira Terkendala Anggaran

07 Januari 2018 
87

BEKASI - Pembebasan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Perwira, Bekasi Utara terkendala anggaran. Dari kebutuhan Rp 64 miliar ternyata Pemerintah Kota Bekasi hanya menganggarkan Rp 9 miliar. 

"Padahal kebutuhan kita itu mencapai 3.2 hektar. Jadi dana yang kami miliki belum cukup untuk membebaskan lahan semuanya," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TPU pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Bekasi, Yayan Sopian.

Yayan menambahkan, saat ini lahan eksisting di TPU Perwira ada sekitar 11 hektar. Lahan tersebut telah terisi sekitar 30 ribu makam. Sebanyak 70 persen di antaranya sudah terisi tumpang tindih dengan makam baru.

Karena itu, kata Yayan, perluasan TPU Perwira harus disegera dilaksanakan. Namun, negosiasi harga lahan milik salah satu yayasan di Kota Bekasi tersebut masih belum tuntas. Bahkan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi hanya bisa menganggarkan Rp9 miliar untuk pembebasan lahan. "Solusinya adalah pembelian tanah makam secara bertahap," katanya.

Padahal, kata Yayan, rencana perluasan TPU Perwira sudah bergulir sejak 2016 lalu. Namun, pemerintah kesulitan mencari lahan. Kebanyakan lahan yang tersedia berkisar antara 300 sampai 1.000 meter persegi. Padahal, niat pemerintah adalah membuka blok baru TPU Perwira. "Harusnya kita buka blok baru, namun jarang ada lahan yang memenuhi syarat, kalaupun ada harganya amat tidak terjangkau," tutupnya.

 

NCT


comments