Baru Separoh Rutilahu Dibangun di Bekasi

06 Desember 2017 
28

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi hanya mampu membangun 1000 rumah tidak layak huni sepanjang tahun 2017. Masing-masing rumah itu diberikan anggaran sebesar Rp 18 juta untuk peningkatan.

“Masih ada sekitar 1000 rumah yang harus diperbaiki. Karena, total rumah tidak layak huni mencapai 2000 sepanjang 2017,” kata Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtam) Kota Bekasi, Dadang Ginanjar.

Dadang menambahkan, .rumah tidak layak huni itu bagian dari pendataan petugas yang ada di 112 titik kawasan kumuh di Kota Bekasi.  Bahkan, kata dia, seluruh kawasan kumuh itu akan tuntas sepenuhnya pada 2020 jika seluruh kebutuhan anggaran bisa teralokasikan dengan optimal. “Data dukung anggaran juga penting untuk mendorong program pengentasan kawasan kumuh ini,” katanya.

Selama ini, kata Dadang, kawasan kumuh itu tersebar di Kecamatan Bekasi Utara dan Kecamatan Medansatria dengan luasan lahan total mencapai 443 hektare. Sebanyak 112 titik kawasan itu masuk dalam zona prioritas penanganan lingkungan yang meliputi program rehabilitasi rumah tidak layak huni (rutilahu), perbaikan jalan lingkungan, penataan ruang terbuka hijau (RTH) hingga perbaikan sanitasi yang meliputi jaringan air bersih dan mandi cuci kakus (MCK).

 

NCT


comments