Kehadiran Meikarta Jangan Dipermasalahkan

12 Oktober 2017 
87

BEKASI - Wakil Pertimbangan Presiden (Watimpres) dan Tokoh Politik Nasional, Surya Paloh mengunjungi proyek Meikarta  di Cikarang. Meskipun kedunya datang secara terpisah, mereka kompak meminta pihak lain untuk tidak mempermasalahkan proyek besutan Lippo Group tersebut.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Suharso Manuarta mengatakan hampir seluruh kota di dunia bukan dibangun oleh pemerintah, tetapi inisiatif dari swasta. Dalam hal ini, pemerintah hanya memberikan dukungan penuh kepada swasta untuk mengembangkan sebuah kota. 

”Saya pernah lihat sebuah kota di Australia itu langsung memberikan kisi-kisi mengenai infrastruktur, kemudahan. Tetapi kemudian kota itu dibangun selamanya inisiatif dan dilakukan oleh swasta,” kata Suharso disela kunjungannya ke proyek Mekarta, Kamis (12/10)

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut, menjelaskan pemerintah memang tidak secara langsung dapat membangun sebuah kota karena itu bagian dari wilayah hak private dari penduduk. Sebab, setiap orang ketika ingin tinggal tergantung dari orang itu sendiri. 

”Misalnya Mba mau tinggal dimana, di Jakarta, atau di Bogor itu haknya Anda. Dimana negara tidak berhak masuk kesana,” katanya. Dengan adanya kota baru, seperti Meikarta, kata dia, semakin memudahkan pemerintah dalam mengawasi setiap penduduk dalam hal pembayaran pajak. 

 Ia bercerita, ketika masih menduduki jabatan sebagai Menteri PUPR ada 10 orang yang mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dari jumlah 10 yang mengajukan tersebut, delapan diantaranya tidak memiliki NPWP sehingga perbankan tidak dapat membiayai pengajuan rumah tersebut.

Dalam aturannya, masyarakat yang ingin mengajukan hunian harus memiliki NPWP sebagai syarat mutlak. Dengan demikian, dari adanya penjualan properti di Meikarta memastikan seseorang yang belum memiliki NPWP untuk punya. 

”Dengan bertambah NPWP, pertama sudah menjadi keuntungan sendiri untuk sektor negara. Kedua karena dia pembayar pajak tentu ada harapan sebagai penghasilan pph yang pasti,” ucapnya.

Menurutnya, keberadaan tanah yang menjadi landbanking tidak dapat secara maksimal menghasilkan sesuatu untuk pemerintah. Sebab, keuntungannya yang didapatkan hanyalah dari penerimaan pembayaran pbb setiap tahunnya serta tidak memberikan manfaat maksimal, khususnya di Kabupaten Bekasi. 

Akan tetapi, sambung dia, dengan kemudian menjadi sesuatu daerah hunian maka semakin lebih dapat meningkatkan penerimaan dari pbb tersebut. Dengan demikian, pemasukan asli daerah (PAD) diwilayah setempat akan secara otomatis naik.

“Dari PAD yang meningkat, tentunya dapat meringankan pemerintah pusat di dalam hal transfer daerah untuk fiskalnya, memperkuat fiskal daerah. Ini kalau saya lihat dari keutungan pemerintah,” terangnya. 

Dilain pihak, keberadaa Meikarta tentunya juga semakin dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Selain itu, juga dapat menciptakan single bisnis unit yang diciptakan dari beragam orang, seperti hadirnya pembukaan warung kedai maupun toko-toko kecil.“Dalam skala yang kecil tidak harus dan bentuk mal, itu juga sebuah keuntungan,” katanya. 

Ia melihat, kondisi perekonomian didaerah sedang mengalami proses transisi. Sektor properti dianggap telah terbukti untuk menentukan turun atau naiknya perekonomian disetiap daerah tersebut.

Oleh setiap itu, ia berharap hal tersebut dapat dipahami oleh pengambil keputusan untuk mendukung serta membantu dalam mempercepat kemajuan properti didaerah. Sebab, dengan semakin tertundanya properti maka akan membuat rugi berbagai pihak, termasuk negara.“Jadi harus lebih cepat, karena lebih baik. Kata Pak Yusuf Kalla begitu kan,” katanya.

Kehadiran proyek yang menelan biaya investasi sebesar Rp278 tersebut patut diberikan apresiasi. Ia pun berharap bisa menjadi contoh bagi pengembang lain untuk membangun proyek serupa. Meikarta disebut dapat membantu Ibu Kota dalam mengatasi masalah kepadatan penduduk di kota besar tersebut. 

Dalam ilmu planologi, untuk mengatasi wilayah yang semakin padar maka harus dipecah ke kota satelit disekitarnya.”Saya kira, sebuah Kota ke depan harus seperti itu,” katanya. Suharso begitu senang melihat keadaan proyek Meikarta. Sebab, Meikarta dianggap akan mampu memberikan kenyamanan untuk para penghuninya, seperti lingkungan fisik yang cukup mendukung.

Diantaranya, tersedianya air dengan bagus, listrik yang cukup, transportasi publik yang tersedia, fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah mal yang dirasa sudah cukup terpenuhi dari para penghuninya nanti. 

“Saya lihat ini sebagai konsep sebuah Kota sangat memadai,” ujarnya. 

Dengan keadaan tersebut, Suharso merasa heran dengan adanya berbagai pihak yang mempermasalahkan mega proyek seluas 500 hektar tersebut. Ia mengaku bingung dengan hal yang dipermasalahkan. “Jadi tidak masalah sebenarnya. Yang menjadi masalah buat saya yang mempermasalahkan,” tegasnya.

Harga hunian yang dijual di Meikarta seharga Rp6,7 juta per meter persegi tersebut disebut dianggap telah selaras dengan nawacita Presiden Joko Widodo untuk memberikan rumah hunian rumah dengan harga murah kepada masyarakat. 

“Ini bagus sekali, ada sekitar 40 persen atau 100 ribu unit dari 250 ribu unit dijual dengan harga subsidi Rp6,7 juta per meter, bayangkan negara saja menjual Rp11 juta, ada Rp8,9 juta paling murah,” jelasnya. 

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh, mengatakan Mega Proyek Meikarta cukup spesial karena sudah menghidupkan aktivitas kebangaan yang jauh lebih impresif. Menurut dia, proyek tersebut merupakan langkah tepat bagi keberlangsungan masyarakat di masa mendatang.

"Dalam pemahaman saya, meikarta merupakan proyek yang cukup kolosal dan bisa memberi catatan tersendiri bagi kita sebagai suatu bangsa. Betapa bangganya kita jika memang seluruh perencanaan yang disiapkan bisa terealisasi," katanya.

Dalam kesempatannya bertemu James Riyadi, selaku CEO Lippo Grup, Surya mengaku telah memberikan saran dan pesan. Saran itu, kata Surya, tak lain adalah menjaga fokus dalam menyelesaikan tiap tahapan Meikarta.

"Saya ingatkan James (James Riyadi) harus fokus dengan perencanaan ini. Kemudian tadi saya tannya, berapa penyerapan pekerja disiani? Jems mengatakan: ada 70.000 orang termasuk pekerja kontruksi," katanya.

Dengan demikian, Surya meyakini proyek tersebut dapat memberi dampak baik bagi semua pihak. "Bahkan tadi pohon-pohon di sini berbicara kepda saya. Katanya: dia merasa gembira tinggal di Meikarta," tandasnya.

 

NCT

 

 

 


comments