Calon Transmigran Asal Kota Bekasi Gagal Berangkat

11 Oktober 2017 
76

BEKASI - Belasan warga Kota Bekasi gagal berangkat transmigrasi ke dua daerah berbeda di Indonesia. Penyebabnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memutuskan untuk tidak memberikan jatah Kota Bekasi dalam kuota pemberangkatan calon transmigran.

“Tahun ini, Pemprov Jabar yang membatalkan pemberangkatan para transmigran asal Kota Bekasi,” kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Sudirman.

Sudirman mengakui, sudah dua tahun yakni sejak tahun 2015 Kota Bekasi tidak memberangkatkan calon transmigran. Alasan yang mendasar, dia mengaku tak mengetahui, karena kewenangan itu berada di Jawa Barat. “Sejak tahun 2015 lalu, kita sudah tidak kirim transmigran ke luar daerah,” paparnya.

Padahal, tahun ini kata Sudirman, daerah tujuan transmigran tahun ini adalah Ambon dan Kalimantan. Mereka berjumlah 11 orang lebih. Padahal, tahun 2017 ini, kata Sudirman, pemerintah daerah sudah menganggarkan alokasi biaya sebesar Rp 450 juta untuk akomodasi transmigran. “Karena dibatalkan maka dana itu tidak diserap,” ujarnya.

Sudirman mengaku, setiap calon transmigran yang akan diberangkatkan biasanya berasal dari kalangan keluarga berekonomian ke bawah. Mereka diminta kesediaannya untuk menjalankan program transmigran. “Mereka adalah warga ber-KTP Kota Bekasi. Jadi siapapun bisa menjadi calon transmigran asal bersedia,” tutupnya.

 

NCT

 


comments