Diprediksi Pengoperasian Tol Becakayu Timbulkan Macet di Bekasi

10 Oktober 2017 
20

BEKASI - Beroperasinya Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) yang rencananya beroperasi pada November 2017 mendatang dinilai akan berdampak kepada kemacetan dibawah tol. Dinas Perhubungan setempat, memprediksi kepadatan kendaraan akan terjadi selama satu pekan selama pengoperasian tol pada 1 November 2017.

"Kemungkinan satu pekan bakal terjadi kepadatan yang parah. Karena selama ini lintasan itu terus disesaki kendaraan dari arah Bekasi maupun dari arah Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Selasa (10/10/2017).

Yayan menambahkan, rasio kendaraan di wilayah Kalimalang dari kedua arah sangat tinggi. Apalagi kalau sudah memasuki jam kerja, lintasan itu sesak dengan kendaraan roda dua dan roda empat. 

Bukan itu saja kata Yayan, sampai sekarang pihaknya belum mendapat tembusan terkait rencana pemindahan trase pada pembangunan fase kedua tol Becakayu. Karena, menurut dia, usulan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat belum mendapat respon. "Sampai sekarang belum ada keputusan untuk pemindahan trase dari Jalan Ahmad Yani ke Jalan Hasibuan," katanya.

Meski begitu, kata Yayan, pihaknya akan mengantisipasi kepadatan itu. Salah satunya, mengalihkan kendaraan ke ruas jalan sisi Kalimalang. Sebab, jalur tersebut sudah dibangun aspal. “Ditambah ruas jalannya juga lebar. Kurang lebih 14 meter dan bisa dilintasi dua mobil sekaligus,” katanya.

 

 NCT


comments