Kadin : Meikarta Kota Percontohan Modern

04 Oktober 2017 
588

CIKARANG SELATAN - ‎Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) sejumlah daerah mengungkapkan kekagumannya terhadap Lippo Group atas perencanaan pembangunan kota baru Meikarta. Ketua

Kadin Provinsi Bali, AA Ngurah Alit Wiraputra mengatakan, konsep pembangunan Meikarta layak dijadikan pilot project pembangunan serupa di wilayah lain. "Meikarta merupakan suatu kota percontohan modern‎. Saya pikir ini perlu dicontoh dan dikembangkan karena ini sebuah kota milenia dimana generasi muda kita perlu melihat. Meikarta ini merupakan brand baru, kota yang tertata dengan rapi," ujarnya di Maxxbox Orange County, usai meninjau lokasi pembangunan Meikarta, Rabu (4/10/2017).

Dia menambahkan, pemerintah sudah semestinya menyadari konsep pembangunan kota yang direncanakan dengan matang, seperti di Meikarta. Terintegrasi satu dengan lainnya, infrastruktur yang bagus, serta transportasi yang memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya. "Saya pikir pemerintah juga harus mulai 'aware', kalau mau membangun harus seperti ini," jelasnya.

Ketua Kadin NTT, Abraham Paul Liyanto menambahkan,‎ Meikarta merupakan contoh untuk pemerintah yang menjadi mitra Kadin, dengan pengusaha untuk membangun kota yang bagus untuk kesejahteraan ke depan. "Saya kira jangan skeptis, tapi harus melihat ke depan dan menjadi contoh. Karena kemampuan pemerintah untuk membangun kota-kota modern dan besar seperti ini, itu, tidak mungkin, kapan investasinya, kapan marketing, itu tidak mungkin. Tapi kalau dunia swasta itu bisa. Pak James sudah membuat skala yang besar. Ini contoh bagus, kita akan pelajari," bebernya.

Secara keseluruhan, lanjut Abraham, jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa, belum semuanya‎ memiliki hunian. Dengan adanya Meikarta, dapat mengatasi masalah tersebut.

"Sejalan dangan Nawacita Pak Jokowi‎, yakni penyediaan sejuta rumah. Barangkali, bisa dibangun di kota-kota lainnya, bukan hanya di Jakarta saja, maka tata ruang akan lebih bagus, kehidupan masyarakatnya pun lebih sehat dan pertumbuhan ekonomi lebih baik," imbuhnya.

 

NCT


comments