16 Kampus Adu Saing dalam Film Pendek Mahasiswa

26 September 2017 
55

BEKASI -  Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) yang digagas Universitas Mercu Buana memasuki tahap finalis. Dari 62 peserta yang ikut dalam ajak tahunan itu, ternyata hanya 16 finalis yang masuk babak selanjutnya. Nantinya, para finalis itu akan dipilih menjadi jawara film pendek 2017.

“Tiap tahun kita adakan even festival mahasiswa ini. Dan tahun 2017 tema nya adalah Pancasila,” kata Ketua FFMI, Widyo Winarso, disela Pembukaan Festival Film Mahasiswa Indonesia di Hotel Horison, Bekasi, Selasa (26/9/2017). 

Widyo menambahkan, peserta yang diundang dari Unit Kegiatan mahasiswa (UKM). Bahkan, di sela pembukaan festival ini pihaknya memberikan pedoman terkait kaidah-kaidah cara pembuatan film pendek yang ideal. Mulai cara pengaturan suara, sampai kepada ide cerita. “Kami akan ulas cara membuat film pendek yang benar dan yang tidak,” paparnya.

Festival tahun ini, kata Widyo, berbeda dengan festival tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun lalu, festival film dibagi dengan tiga katagori, yakni film pendek, film dokumenter, dan film animasi. Namun, karena tahun 2017 ini mengambil tema Pancasila, maka hanya memakai film pendek. “Kalau dipakai film animasi dengan tema Pancasila, bisa tidak nyambung,” jelasnya.

Widyo mengakui, penyelenggaraan FFMI sebagai sarana penguatan ideologi Pancasila di kalangan generasi muda. Dan untuk pesertanya mahasiswa yang terdaftar dalam unit kegiatan mahasiswa yang konsen di bidang seni dan film.

 

NCT

 


comments