Mengenal Katarak pada Bayi yang Diderita Anak Asri Welas

16 September 2017 
35

JAKARTA - Kabar tak sedap datang dari selebritas Tanah Air, Asri Welas. Anak kedua Asri, Rayyan Gibran Ridha Rahardja yang baru berusia lima bulan didiagnosa menderita katarak. Terkait kondisinya tersebut, bayi menggemaskan itu pun harus menjalani operasi katarak di kedua matanya. 

Katarak merupakan kondisi di mana terjadinya kekeruhan pada lensa yang bisa menyebabkan kebutaan. Akibatnya, cahaya yang masuk ke dalam mata sulit mencapai retina sehingga terpancar dan pandangan menjadi kabur. Pada usia dewasa, kondisi ini ditandai dengan gejala pandangan yang kabur.

Namun berbeda halnya yang terjadi pada bayi. Dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (JEC), Setio Budi Riyanto menjelaskan, katarak pada bayi merupakan penyakit bawaan yang terjadi sejak lahir. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Mulai dari toksoplasma atau rubella. Gangguan penglihatan pada bayi biasanya baru diketahui saat bayi sudah mulai merangkak. Oleh karena itu, Budi mengatakan para orang tua harus lebih peka terhadap kesehatan sang buah hati sejak lahir. 

"Saat lahir bisa sudah keliatan warna putih di tengah matanya bagian pupil. Kaya mata kucing. Misalnya saat bayi merangkak, bayi menabrak-nabrak. Berati ada gangguan penglihatan," papar Budi.

Mengingat bayi masih mengalami proses tumbuh kembang, Budi pun menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan. "Jika tidak ditangani, lama kelamaan bisa menyebabkan kebutaan. Jika terdapat tanda tersebut segera periksakan. Kalau pada bayi dan anak operasinya harus secepat mungkin," pungkasnya.

Sumber : sindonews

 

 


comments