Di Bekasi, Ini Jenis Penyakit yang Marak di Suhu Panas

16 September 2017 
48

BEKASI - Ribuan orang di Kota Bekasi terserang penyakit Pneumenia. Penyakit ini terus meningkat sepanjang musim kemarau tahun 2017. 


Kelima penyakit Pneumenia itu terdiri dari batuk, pilek, demam dan inspeksi saluran pernapasan (ISPA). Sesuai data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Bekasi dari tahun 2016 sampai sekarang jenis penyakit Pnemuenia sudah menyerang 5033 orang. 

"Cuaca pancaroba sudah menyerang sebulan terakhir. Sekarang ini suhu mencapai 34 derajat celcius," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto Saidi.

Meski begitu, kata Kusnanto, belum ada laporan pasien yang kondisinya cukup memprihatinkan atas cuaca ekstrem. Padahal, pada umumnya sasaran penyakit itu dialami oleh anak-anak. 

Kusnanto menambahkan, kondisi tersebut akan terus berlangsung sampai dengan cuaca ekstrem berakhir atau memasuki musim hujan. Sayangnya, dia mengaku, tak tahu pasti sampai kapan cuaca panas luar biasa berakhir. Sebab, cuaca saat ini tak dapat diprediksi. "September biasanya sudah hujan, buktinya sekarang tidak," katanya.

Untuk itu, Kusnanto memastikan stok obat-obatan di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Bekasi cukup aman. Dia meminta masyarakat memanfaatkan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama untuk berobat. "Berobat di puskesmas dijamin gratis," tutupnya.

 

NCT

foto : Loop


comments