Saluran Kali Bekasi Diduga Kembali Tercemar Limbah

14 September 2017 
59

BEKASI - Diduga aliran air Kali Bekasi kembali tercemar. Kini saluran sekunder di Jalan Kemakmuran, Bekasi Timur mendadak tercemar limbah, Kamis (14/9/2017). Air di saluran sekunder ini berubah hitam pekat dan mengeluarkan aroma bau tak sedap. Atas pencemaran limbah di saluran Kali Bekasi Kamis (14/9/2017) banyak ikan yang mati. Kejadian itu langsung dimanfaatkan warga sekitar untuk mengambili ikan-ikan tersebut. "Banyak sekali ikan yang mati, makanya saya membawa tebar jaring (jala) untuk menangkapnya," kata warga Margahayu, Bekasi Timur, Joko, 31, Kamis (14/9/2017) kemarin.

Joko menambahkan, peristiwa ini sudah terjadi sejak empat hari lalu atau sejak Senin (11/9/2017) lalu. Hanya saja, kegiatan menangkap ikan baru dilakukan sejak kemarin. "Karena saya baru tahu kalau banyak ikan yang mati akibat tercemar limbah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi mengatakan, perubahan air di saluran sekunder Kali Bekasi bukan disebabkan karena tercemar limbah industri. Melainkan  pendangkalan debit air dari Kali Bekasi. "Warna hitam itu sebetulnya lumpur yang naik ke permukaan karena berkurangnya debit air dari hulu lewat Kali Bekasi," katanya, Kamis (14/9/2017).

Luthfi menambahkan, pihaknya sudah menerjunkan petugas untuk melakukan pengecekan ke lapangan. Termasuk membuat surat permohonan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menormalisasi saluran tersebut.

NCT


comments