Lahan Baru TPA Sumur Batu Overload

03 Agustus 2017 
34

BEKASI - Meski baru membeli lahan, ternyata lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, di Kecamatan Bantargebang sudah kembali over load. Saat ini, ketinggian volume sampah di zona VI sudah mencapai 20 meter dari permukaan tanah.

“Satu hektar sudah over load. Sisanya 2.7 hektar masih bebas tapi belum bisa dioperasikan untuk penampungan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kota Bekasi, Jumhana Luthfi.

Luthfi mengaku, lahan yang baru dibayar tahun 2017 itu sudah digunakan sejak tahun 2016 lalu. Dimana, total pembelian lahan itu seluas 3.7 hektar. Biaya pembebasan itu mencapai Rp 25 miliar yang bersumber dari APBD 2017. “Jadi lahan itu sudah dipakai duluan. Dan baru setahun ternyata sudah penuh lagi,” katanya.

Bahkan, saat ini dia masih belum terpikir untuk melakukan pembebasan lahan kembali. Sebab, ruang baru sudah tidak ada tepatnya yang berdekatan dengan TPA Sumur Batu. “Kita masih bingung untuk melakukan pembebasan lahan yang baru. Karena sudah tidak ada lagi,” jelasnya.

Meski begitu, kata Luthfi, pihaknya masih mengandalkan perusahaan baru (PT Nusa Wijaya Abadi) yang kini mengelola TPA Sumur Batu. Salah satunya, dengan memanfaatkan sampah menjadi listrik. “Mudah-mudahan dalam waktu dekatn pemanfaatan gas metan itu sudah berjalan,” tutupnya.

 

NCT

 


comments