Sistem PPDB Online Kota Bekasi Carut Marut

06 Juli 2017 
104

BEKASI - Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Dinas Pendidikan Kota Bekasi carut marut. Setelah tertunda karena sistem komputerisasi, kini masalah kembali terjadi. Para orang tua calon siswa kesal, lantaran Nomor Induk Kependuduk (NIK) yang menjadi syarat masuk sekolah, tidak muncul.

Kejadian itu dialami oleh 700 warga ketika mendatangi kantor Dinas Pendidikan di Jalan Sersan Aswan, Bekasi Timur sejak Selasa (4/7/2017). Mereka komplain karena NIK milik warga tak muncul dalam registrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Seperti yang dialami, salah satu orangtua siswa, Winarti Djenar, 35. Dia mempertanyakan sistem daring dalam penjaringan peserta didik baru. Pasalnya, saat mendaftar melalui online, justru NIK nya tidak muncul. Seharusnya, NIK yang dimasukan adalah miliknya yang tercatat sebagai  warga Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur.

"Nama dan alamat saya ada, tapi ketika masuk ke bagian sekolah malah eror, dianggap sebagai orang luar Bekasi," katanya, Kamis (6/7/2017). 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan, pihaknya sudah meminta bantuan untuk memverifikasi NIK. Ditambah lagi, kata Inay, setiap calon siswa harus meminta kata kunci ke Dinas Pendidikan untuk bisa mendaftar. "Karena kata kunci itu untuk satu siswa di dua sekolah pilihan," katanya.

Bukan itu saja, kata Inay, untuk memudahkan calon didik baru mendaftar online, pihaknya sudah mendatangkan perwakilan dari 49 SMP negeri se Kota Bekasi. Sebab, sampai sekarang banyak calon siswa yang kebingungan mendaftar melalui online.

NCT

 


comments