Tiap Tahun 10 Gugatan Warga Dilayangkan ke Pemkot Bekasi

04 Juli 2017 
168

BEKASI – Hampir setiap satu tahun gugatan dilakukan masyarakat kepada Pemerintah Kota Bekasi. Gugatan itu biasanya masalah sangketa aset.

"Setiap tahun gugatannya masuk sebanyak 10 perkara. Namun, setahun itu, ada yang sudah selesai, dan ada juga yang masih berjalan," kata Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum pada Sekretariat Daerah Kota Bekasi, Sugiarto.

Sugiarto menambahkan, waktu yang akan dihabiskan dalam penanganan perkara itu bisa mencapai 4 hingga lima tahun. Sebab, pihak yang kalah dalam gugatan, akan melakukan upaya hukum banding. "Kalau ada salah satu pihak yang kalah, akan melakukan banding," ujarnya.

Dalam upaya banding, ternyata kata Sugiarto butuh beberapa bulan untuk memverifikasi data oleh majelis hakim. Dan begitu juga ketika kalah dalam upaya banding, menurut dia, biasanya akan diambil langkah kasasi ke Mahkamah Agung. 

Tidak sampai disitu, Sugiarto menjelaskan, mereka yang kalah dalam kasasi upaya terakhir adalah dengan Peninjauan Kembali (PK). "Yang terakhir adalah tingkat PK. Jadi siapapun harus mentaati putusan tersebut," katanya.

NCT


comments